Skip to main content

An Action #DIET

**********
Tepat kemarin minggu tanggal 26 Januari 2013 gue ke daerah Kambang Iwak Besak Palembang dengan niat seniat-niatnya cuma buat jogging ditemani sepupu gue. Seperti biasa tiap minggu, lokasi tersebut memang disengaja buat car freeday, NOTHING kendaraan bermotor yang bisa lewat sana dan hasilnya tempat itu benar-benar dijadikan tempat untuk olahraga pagi, jalan-jalan keluarga, senam jantung sehat, sampe ada yang jualan baju dan aksesoris yang kalo di jogja itu kayak di sunmor alias Sunday morning dan bahkan banyak juga sepasang kekasih yang asyik menikmati pemandangan danau alias kambang nya. Nah, setelah istirahat sarapan, gue dan sepupu gue tertarik buat cek kesehatan yang diberi nama PKS “P3riksa Kesehatan” dengan embel-embel promosi calon pemilu legislatif (capek deh! -,-“). Well, gue nyoba cek massa badan, tekanan darah dan gula darah dan hasilnya?? what?? Gula darah gue 138 dan massa badan gue 60 (kaget bukan main, what the frog is it???). hmm, tapi gue mencoba sadar dan sabar dan saat itu juga gue inget penyakit gue dalam 2 tahun terakhir ini. Okay, That’s the point!!!

***********
Sebenernya gue agak risih buat cerita, tapi gak apa, berbagi itu indah J
Jadi ceritanya massa badan dan gula darah gue naik itu gara-gara hormon di tubuh gue gak stabil. Sebenernya cuma satu hormon yang gak stabil, tapi karena kerja hormon di dalam tubuh kita kerjanya sinegi alias saling terkait satu sama lain, nah jadinya terganggu lah fungsi hormon gue yang lain (ngerti aja ya sama statementnya walau agak membingungkan emang, hehe :D). Ketidakstabilan hormon gue ini kata  dokter diakibatkan oleh munculnya kista-kista kecil di saluran tuba falopi yang isinya adalah indung telur yang seharusnya pada wanita normal indung telur yang telah matang itu dapat lari dan siap dibuahi atau jika tidak akan meluruh sebagai darah menstruasi.

Gue di diagnosa oleh dokter terkena penyakit ini waktu gue semester 3, awalnya gue emang merasakan hal yang tidak wajar dari kelas 2 SMA, yaitu menstruasi gue gak teratur (3-4 bulan baru haid) dan saat menstruasi gue dateng perut gue sakit hebat (gue guling-guling kayak mau mati, untungnya gak sampe pingsan). Setelah ngerasin hal itu berkali-kali gue berniat untuk memeriksakan hal tersebut ke dokter kandungan. Awalnya dibilangin sama dokternya kalo ada indung telur gue yang terinfeksi and gangguan hormon, tapi dokter bilang it’s okay. Dari pemeriksaan itu gue tenang-tenang aja, gue minum obat yang dikasih sama dokter selama beberapa bulan. Setelah minum obat selama beberapa bulan siklus menstruasi gue emang lancar tapi setelah obatnya di stop, siklusnya kembali kacau dan hal yang menyakitkan adalah rasa sakitnya L.

Pas semester 3 gue periksa ke dokter lagi dan dilakukan USG, ternyata cystic nya banyak dan dokter menyarankan gue untuk segera DIIT (mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat), olahraga dan konsumsi obat tertentu yang dianjurkan. Dokter yang memeriksa gue saat itu agak sedikit aneh, “kok bisa gue bisa mengalami penyakit ini? Gue gak gemuk, rambut di tubuh gue juga gak banyak karena wanita yang terkena penyakit ini biasanya wanita gemuk dan berambut lebat di tubuhnya” dan gue hanya bisa "no comment" (bungkam). Well, Berikut adalah salah satu ulasan dari dokter yang gue ambil di internet mengenai penyakit gue :

PCO (polycystic ovary) adalah suatu keadaan di mana satu indung telur mengandung 12 folikel atau lebih. Karena acap orang salah duga, DR. MED. Dr. Calvin Tjong, SpOG menegaskan bahwa yang ditemukan pada PCO bukanlah sebuah kista, melainkan folikel-folikel kecil yang berukuran 5-7 mm. Kista adalah definisi yang dipakai bila pada indung telur ditemukan ruang yang berisi cairan atau benda padat dan dilapisi oleh selaput.
Pada satu indung telur terdapat jutaan folikel yang notabenenya adalah bakal sel telur. Setiap bulan setelah menstruasi, beberapa folikel akan membesar dan biasanya hanya satu folikel yang akan menjadi matang. Folikel yang matang mempunyai ukuran 18-25 mm.
Folikel yang matang ini akan  pecah dan menghasilkan sel telur dalam proses yang dinamakan ovulasi. Pada PCO, beberapa folikel berkembang, tetapi pembesaran ini terhenti pada ukuran 5-7 mm. Folikel-folikel yang tak kunjung matang akan terus menerus menghasilkan hormon estrogen yang mana bertanggung jawab mempengaruhi pertumbuhan selaput lendir pada rongga rahim.
Esterogen yang terus-menerus diproduksi, lambat laun membuat selaput lendir rongga rahim menjadi sangat tebal. Ketika sirkulasi darah dari dinding rahim tak lagi terfasilitasi, terjadilah bleeding berupa flek atau bahkan pendarahan yang sangat hebat. Amenorhea juga menjadi salah satu gejala yang kerap timbul sebab efek dari PCOS.

Banyak penderita PCOS ditemukan mengalami obesitas, dan sekitar 70% penderita mengalami resistensi insulin. Kejadian resistensi insulin dengan obesitas sekaligus dapat mengarahkan penderita menjadi sindroma metabolik. Resistensi insulin sendiri dapat merusak sel-sel otot jantung, sehingga menjadi tonggak dari patofisiologi penyakit arteri koroner.

nih foto ovarium wanita yang menderita PCOS yang artinya keadaan ovarium gue :(




Yah, that’s PCOS ....!!!

Penyakit ini gue anggap enteng awalnya, namun setelah beberapa kali gue konsultasi ke dokter dan dokter menyampaikan mengenai akibat dari penyakit ini, akhirnya gue tobat, gue pengen sembuh dan salah satunya gue harus DIET. Kenaikan massa badan gue seberat 5 kg adalah cukup buat gue untuk sadar dan mengaitkannya dengan penyakit gue meskipun bisa aja angapan gue ini tidak 100% benar.
Sejujurnya gue bingung banget gimana caranya diet dan gue harus gimana??  Tapi, gue coba olahraga teratur dan konsumsi WRP, semoga aja deh berhasil.
Gue Cuma gak mau kadar gula darah gue tadi yang gue periksain membuat gue berpotensi terkena diabetes mellitus atau penyakit lain yang mengerikan. Gue berharap, pemeriksaan itu gak bener karena gue saat itu baru selesai makan yang mengandung karbohidrat, jadi jelas aja saat itu gula darah gue naik, bener gak? Amin.hehe...
Oke, pagi jogging yang awalnya berangkat dengan bahagia  diakhiri dengan pulang penuh kekhawatiran yang langsung membawa gue buat baca semua artikel tentang diet.Semoga diet gue berhasil.
Amin,#bighope

That’s all for tonight,for PCOS and for “Aksi diet gue”
Semoga bermanfaat. J

Comments

Popular posts from this blog

Anganku menjadi seorang psikolog :)

udah lama gak posting, nanti awal kuliah janji bakalan nulis terus...... :) kali ini aku postingan ku terinspirasi ketika aku menulis essay buat apply Universitas Paramadina well, aku lolos buat thap aplikasi tapi sayangnya tahap wawancara gak bisa aku ikutin karna alhamdulillah aku keterima di salah satu universitas ternama di Indonesia. alhamdulillahi rabbil 'alamin. inspirasi datang jam 12 teng-tengah malem, mulai deh aku ambil kertas, pena, dan.... jreng2.... mari menulis.. :) "bingung""?????" pertama mau nulis, aku ingin jadi psikolog? yeah...cita-cita ku dimulai ketika aku kelas satu SMA. but now, check it out... aku mlah keterima di jurusan mikrobiologi. it's okay gak papa, yg penting univ nya nyangkut di Universitas Gajah Masa Indonesia. yeeee..yeee..... aku bahagia....aku gembira.....bisa masuk kesana... :) :) :) but, cita-cita ku gak pudar buat jadi seorang psikolog, do'ain S2 bisa ke jurusan psikologi. aminn. udah ah, ntar

Secarik Kesan, Novel Hujan - Tere Liye

'' Karena kenangan sama seperti hujan. Ketika dia datang, kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit? Hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya '' (Tere Liye - Hujan : 201) Hallo!! Sudahkah membaca novel Hujan dari Tere Liye? Keren-keren apalagi buat yang lagi sendu en mellow2 tuh hatinya, dijamin bakal sukaaa  Oke, disini saya akan sedikit cerita dan tidak bermaksud menjadi spoiler tapi memang di saat saya menulis ini, saya memang akan menghabiskan sedikit lagi novel bang Tere Liye yang berjudul Hujan. So ingin menyampaikan kesan saja mengenai novel ini mumpung mood nulisnya lagi menggebu. Hehe (padahal novel-novel sebelumnya udah selesai baca yaudah selesai juga cerita ) Tak menyangka dengan akhir ceritanya, bisa dibilang happy ending tapi bang Tere Liye memang jago bikin orang kaget sekaligus puas saat membaca. Hmmm, tau aja kali yaa yang baca juga lagi proses menerima h

SINNA SHERINA MUNAF

” BIODATA “ 1191740-3626-l Nama Lengkap : Sinna Sherina Munaf Panggilan : Sherina Tanggal / Tempat Lahir : 11 June 1990, Bandung (Indonesia) Zodiak : Gemini Hobi : Menyanyi, main piano, melukis, balet Warna Kegemaran : Biru Bintang Favorit : Mariah Carey, Lia Callaway, Lea Salonga, Celine Dion, Uci Nurul, DLL Saudara : Virania Devarainy Munaf (kakak) & Mayzura ” Maura ” Restalia Munaf (adik) Nama Ayah : Triawan Munaf Nama Ibu : Luki Ariani